Apa itu Bismania Community (BMC)?
- BisMania Community adalah Komunitas Penggemar Bis Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan mayoritas di Pulau Jawa dan Sumatra. Kami ini adalah masyarakat yang menjadikan bis tidak hanya sekedar alat transportasi tetapi juga aneka kreasi dan hobby. Segala hal yang berhubungan dengan bis kami akomodasi dalam komunitas ini mulai dari Bis Antarkota, Bis Kota, Bis Pariwisata, minibis hingga teknologi dunia per-bis-an termasuk juga segala hal yang menyangkut dunia per-bis-an. BisMania Community memiliki anggota yang beragam dari berbagai usia dan berbagai kalangan namun dalam satu kesatuan hati “ Komunitas Penggemar Bis Indonesia “.
- BisMania Community tidak hanya sebagai sarana pemersatu Penggemar bis di Indonesia tetapi juga berharap dapat berperan memberikan sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa khususnya di prasarana transportasi sebagai penghubung antar daerah di Indonesia.
- Selain itu BisMania Community berharap dapat menunjang berbagai aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, menjadi nilai tambah yang bermafaat bagi pengusaha, konsumen, atau pun industri lain yang berhubungan dengan dunia transportasi bis.
Visi & Misi BisMania Community
V I SI
” Yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bis ”
M I S I
- Menghimpun, menyatukan dan mengakomodasi para penggemar bis diseluruh Indonesia dalam satu lingkup komunitas melalui berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan dunia perbisan.
- Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan di antara sesama anggota BMC maupun dengan pihak di luar BMC seperti operator PO, Dinas Perhubungan, DLLAJ dan instansi-instansi terkait.
- Saling berbagi ilmu dan pengalaman di bidang otomotif khususnya tentang dunia perbis-an di antara anggota BMC
- BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bis di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC
- Sebagai simbol dari konsumen bis dan menjadi mediator antara konsumen dengan operator PO, demi meningkatkan pelayanan sehingga dapat memberikan dan mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan bis sebagai pilihan transportasi yang layak digunakan.
- Menjalin kerjasama yang baik dengan komunitas lain diluar Bismania Community
Jaringan Informasi BMC
Website : www.bismania.org
E-mail : info@bismania.org
Mailing List : BisMania@yahoogroups.com
Facebook: bismania community
Call Center : ... (segera)
Sekretariat: .... (segera)
Apa saja yang dilakukan Bismania Community?
- Kunjungan dan diskusi ke Karoseri Perusahaan Otobis, Pabrikan & Industri terkait
- Ikut serta & berperan aktif dalam diskusi transportasi yang diadakan oleh Lembaga/Instansi terkait.
- Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
- Kegiatan Sosialita/expo komunitas/ pameran terkait
- Kegiatan internal komunitas seperti kopdar, turing, family gathering.
Kunjungan dan diskusi ke Karoseri dan industri pendukung
Untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan bis pada industri bis, menyampaikan saran kritik dan masukan kepihak karoseri, memaparkan hasil survey produk karoseri oleh BMC, serta kuliah dari pihak karoseri tentang industri karoseri dan kunjungan industri bis dan pendukung
- United Tractor –Scania
- Road test Mercedes Benz OH 1526
- Road Test Yutong New Armada
- Road Test Legacy Laksana
- Jok Kursi PT Rimba Kencana(HAI)
- Jok Kursi C71 Yogyakarta.
Kunjungan Karoseri
- Karoseri Rahayu Santosa Bogor.
- Karoseri Morodadi Prima Malang.
- Karoseri Adiputro Malang.
- Karoseri Laksana, Ungaran.
- Karoseri New Armada, Magelang.
- Karoseri Tri Sakti (kunjungan terbatas)
Kunjungan dan diskusi Perusahaan Otobis
Melakukan diskusi layanan Perusahaan Otobis, termasuk di dalamnya saran kritik dan masukan, presentasi hasil survey layanan operator, Kuliah tata kelola industri oto bis dari PO, dll.
- Blue Star, Pahala Kencana, Kerub Pariwisata, Sinar Jaya, Big Bird, Harapan Jaya, Kalisari, Tiara Mas,Titian Mas,Rahayu Sentosa, NPM
- Nusantara, Bejeu, Shantika, Muji Jaya, Selamet, Subur Jaya, Tri Sumber Urip, Efisiensi, Prayogo, Tami Jaya, Tunggal Daya, Bimo
- Asyaco, Witour, Rejeki Baru, Sargede, Ardian Transport, GeGe Transport, 99 Trans, Djangkar Bumi, Pulung Sari, Gajah Mungkur, Gajah Mungkur Sejahtera
- dll…
Kegiatan ilmiah
- Sarasehan, diskusi, survey atau pun obrolan tentang dunia bis baik dalam forum resmi ataupun tidak resmi.
- Sarasehan Hino Mania.
- Diskusi dengan UPTD Terminal Rawamangun.
- Survey pendapat produk Karoseri
- Diskusi dengan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI)
- Pengadaan Lomba Design Bis bersama ASKARINDO
- Pengadaan Lomba Penulisan artikel Bis bersama ASKARINDO
- dll.
Kegiatan Sosial kemasyarakatan
- Aksi sosial bencana gempa Jabar
- Aksi Sosial bencana gempa Padang
- Khitanan massal.
- Aksi Donor darah.
- Pembagian takjil puasa di dalambis terminal dan halte bis.
- Sukarelawan untuk Arus Mudik & Arus Balik lebaran
- Pemberian bantuan alat tulis bagi murid-murid tidak mampu.
- Bantuan Panti Asuhan.
Kegiatan Sosialita/Expo
- Partisipasi dalam Pameran International Bis & Truck : IIBT 2010
- Pemasangan Sunscreen bis-bis untuk membatu keselamatan penumpang dan kenyamanan Pengemudi.
- Bantuan arus mudik di PO Nusantara
- Bantuan arus mudik PO Sumber Alam
- Posko Mudik Terminal Purwokerto
- Posko Mudik Terminal Giwangan–StasiunTugu
- Pameran Indonesia Consumnity Expo
- Pameran Komunitas & Buku Widya.
- Jaringan acara diskusi dengan STMT Trisakti.
- Futsa ldengan Organda.
- Partisipasi dalam Kegiatan lingkungan hidup, Car Free Day & Pameran Lingkungan Hidup.
- Penyelenggaraan Acara Mudik Bersama di beberapa daerah.
Kegiatan lnternal Komunitas
- Jambore dan Family Gathering.
- Touring bersama.
- Membuat aneka merchandise seperti kaos,kemeja, sticker, dan miniaturbis.
- Lomba catatan perjalanan, lomba foto bis
- Kunjungan ke Miniatur Bis Mayumi & NikiKayoe
- Kopi Darat (Kopdar) diterminal.
- dll.
Komentar
Posting Komentar